Fokus Menjaga Kesehatan seperti Madonna, Lakukan 4 Kebiasaan untuk Cegah Infeksi Bakteri
Sumber: orami.co.id

Health / 14 July 2023

Kalangan Sendiri

Fokus Menjaga Kesehatan seperti Madonna, Lakukan 4 Kebiasaan untuk Cegah Infeksi Bakteri

Bella Tiurma Official Writer
1343

Beberapa waktu lalu, salah satu bintang pop terkenal, Madonna mengabarkan akan menjadwal ulang konsernya di Amerika Utara dan Tur perayaannya di Inggris pada bulan Oktober mendatang. Melalui media sosial miliknya, ia menyatakan bahwa dirinya akan berfokus terlebih dahulu pada kesehatannya.  

Kondisi madonna yang saat ini masih dalam tahap pemulihan sejak dirinya terinfeksi bakteri dan menjalankan perawatan intensif di rumah sakit. Tekad kuat Madonna untuk segera pulih karena anak-anaknya dan ia tidak ingin mengecewakan para penggemarnya yang sudah membeli tiket konsernya. 

Apa itu Infeksi Bakteri? 

Infeksi bakteri merupakan sebuah kondisi kesehatan yang menyerang pertumbuhan bakteri dan racun di dalam tubuh seseorang. Kondisi infeksi bakteri ini dapat menyerang beberapa bagian tubuh, seperti area kulit, paru-paru, usus, jantung, otak, darah, dan area tubuh lainnya. 

Faktor penyebab infeksi bakteri ini dapat terjadi melalui lingkungan, antar manusia, hewan yang terinfeksi, gigitan serangga, hingga sesuatu hal yang telah terkontaminasi bakteri. Selain itu, penyebarannya pun dapat melalui pori-pori kulit, luka, ataupun saluran pernapasan. 

Jenis Infeksi Bakteri 

Meskipun tidak semua bakteri berbahaya bagi tubuh, tetapi banyak bakteri yang mampu menghasilkan sebuah racun yang dapat merusak sel jaringan pada tubuh manusia. Beberapa diantara infeksi bakteri menyebabkan seseorang mengalami radang tenggorokan, TBC, hingga infeksi saluran kemih. 

Berikut ini beberapa jenis infeksi bakteri yang umum menyerang pada kesehatan manusia. 

1. Gastroenteritis yang menyebabkan keracunan makanan 

2. Infeksi kulit, telinga, dan sinus 

3. Infeksi menular seksual (IMS) 

4. Pneumonia bakteri 

5. Infeksi saluran kemih (ISK) 

Cara Mencegak Infeksi Bakteri 

Penularan infeksi bakteri tak mengenal waktu, tempat, dan melalui apa, sehingga kita perlu melakukan langkah awal sebagai pencegahan dan mengurangi risiko terjangkit infeksi bakteri dengan melakukan beberapa kebiasaan sederhana, sebagai berikut:

Sumber : tempo.co | bbc.com | hellosehat.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami